Agenda

PELATIHAN MARKETING ONLINE

MONITORING DAN EVALUASI PENGELOLAAN PASAR

27-September-2022

Kolaborasi Bank Indonesia dan Pemkot Depok dalam Launching Digitalisasi Pasar Rakyat Jabar Juara dan S.I.A.P Qris

Admin / 24 August 2022


Pemerintah Kota Depok bersama dengan Bank Indonesia melaksanakan kolaborasi peluncuran program Digitalisasi Pencanangan Pasar S.I.A.P (Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai) QRIS: UPT Pasar Cisalak sendiri telah dilaunching, Rabu (24/08/2022).

Kegiatan ini merupakan perwujudkan sinergi antara program “S.I.A.P QRIS” dari Bank Indonesia, program “Pasar Rakyat Juara Jawa Barat” dari Pemprov Jawa Barat, dan program “Digitalisasi Pasar Rakyat” yang diinisiasi oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Hj. Endah Winarti, SH selaku Komisi B DPRD Kota Depok, Drs.Supian Suri MM selaku Sekretaris Daerah Kota Depok, Hj. Eem Sujaemah, S.H., M.M selaku Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Bapak Herwanto selaku Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat, Rizani Azhar selaku Deputy CEO Regional 2 Bank Jabar Kota Depok, Lik Gayantini Ari, S.E., MBA selaku Dosen ITB Bandung.

Pada tahap awal, digitalisasi dimulai dari pembayaran non tunai utamanya menggunakan kanal Quick Respond Code Indonesia Standard (QRIS) untuk transaksi perdagangan barang dan jasa serta pembayaran retribusi pasar, optimalisasi agent banking yang antara lain akan memudahkan masyarakat melakukan cash-in dan cash-out. Selain itu, pembayaran retribusi pasar oleh para pedagang juga tidak lagi dilakukan secara tunai karena saat ini telah diterapkan sistem “e-retribusi” yang difasilitasi oleh BJB.

Pada pemanfaatan teknologi digitalisasi ini dalam perdagangan jelas akan meningkatkan volume transaksi karena memiliki berbagai keunggulan, mulai dari kemudahan, kenyamanan, kecepatan dan keamanan saat bertransaksi, baik sebagai produsen, pedagang maupun sebagai konsumen.

 

#qris

#Launchingdigitalisasipasarrakyat

#siapqris