Harga

27-April-2024

Pelatihan Petugas dan Pedagang Pasar di Kota Depok

Admin / 05 March 2024


Dinas Perdagangan dan Perindustrian melalui Bidang Sarana dan Pembinaan Pasar Rakyat (SPPR) melaksanakan Kegiatan Petugas dan Pedagang Pasar di Green Forest Hotel Bogor. Selasa (05/03/2024)

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 5-6 Maret 2024 dengan dihadiri oleh 168 peserta yang terbagi menjadi 84 peserta/hari dengan menyungsung tema "Peran Digitalisasi Pasar dan Resiko Pinjaman Online Dalam Berusaha di Pasar Rakyat”. 

Pelatihan Petugas dan Pedagang Pasar ini dihadiri oleh Kepala UPT dan Kasubbag UPT Pasar Rakyat sekota Depok, Ketua Paguyuban Pasar, beserta para Pedagang Pasar rakyat se-kota Depok, serta Petugas Pengelola Pasar Kota Depok dengan diisi oleh narasumber dari pihak BJB Cabang Depok, CEO TITIPKU untuk pasar online, dan Bapak Febri selaku Motivator serta Tim capacity building.

Berdasarkan amanat  Undang-undang Nomor 07 Tahun 2014 nama pasar tradisional diubah dengan pasar rakyat dengan maksud agar memotivasi keadaan pasar menjadi aman, nyaman bagi pedagang dan pengunjung pasar, terlihat dari sisi kebersihan pasar dan fasilitas penunjangnya.  Keberadaan pedagang pasar juga membantu Pemerintah Kota untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). yang merupakan hulu sekaligus muara perekonomian informal dan sumber dalam pengambilan kebijakan public dengan mengedepankan produk ekonomi lokal.

Dengan demikian diharapkan pasar rakyat dapat dikelola secara profesional dan menjadi sarana perdagangan yang kompetitif terhadap pusat perbelanjaan dan perdagangan lainnya.

Adapun dalam berusaha dibutuhkan modal usaha yang saat ini banyaknya fasilitas pinjaman online oleh penyedia jasa keuangan yang memanfaatkan teknologi dalam prosedur pengajuannya dimana persyaratan dan prosedur dilakukan tanpa harus bertatap muka. Untuk itu Petugas dan pedagang pasar harus waspada dan mengecek terlebih dahulu penyedia pinjaman yang dipilh di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Dan untuk meningkatkan harmonis dan kerjasama dalam peningkatan pengelolaan pasar, maka dilakukan capacity building antara petugas dan pengelola pasar melalui media permainan tim.

disdagin depok